Breaking

Saturday, October 20, 2018

Motor baru Ducati Panigale V4-R Jalani Debut Superbikes

Ocean News, JakartaMotor baru Ducati Panigale V4-R, menjalani debut di gelaran Bennetts British Superbikes di sirkuit Brands Hatch. Ini jadi kesempatan perdana superbike tersebut tampil di hadapan publik, sebelum model produksinya dipamerkan pada EICMA bulan depan. Pada balap akhir pekan itu, versi V4-RS berlaga dengan spesifikasi balap untuk World Superbike dengan kelistrikan dan fairing balap Magnetti Marelli.

Jantung mekanisnya 1.000 cc, berbeda dengan V4 yang ada saat ini, bermesin 1.103 cc. Itu untuk menyesuaikan dengan regulasi superbike. Meski belum dipaparkan detailnya oleh teknisi Ducati, mesin itu dipadankan kopling kering, menggantikan kopling basah yang digunakan pada Panigale V4 lain saat ini. Selain itu, ada fairing besar yang mirip dengan motor Desmosedici GP, dengan bahan serat karbon. Menurut Michele Pirro, test rider Ducati yang memang turut mengembangkan V4 baru bersama Lorenzo Zanetti, kemiripannya lebih dari fairing belaka.
"Konsep motor ini sangat mendekati motor MotoGP. Mesinnya mirip. Saya sudah mencobanya beberapa kali karena saya mengetahui motor MotoGP seperti apa rasanya. Saya pikir potensinya sangat baik, semuanya soal peningkatan pada V-Twin," ujar Michele Pirro kepada situs Motorcyclenews. Karakter mesinnya, dijelaskan lebih lanjut, sangat mirip dengan motor MotoGP yang memang menjadi basis pengembangannya. Rangka depan juga lebih kokoh dibanding V-Twin.

"V-Twin adalah motor yang bagus, tapi sangat sulit menghadapi motor-motor merek Jepang pada perebutan gelar World Superbike ini. Bagaimanapun, dengan V4 ini kemungkinan jadi lebih tinggi untuk mengejar titel juara," tambah pembalap wildcard MotoGP itu.
Dalam beberapa bulan ke depan, Ducati bakal menggembleng V4 baru dengan para pembalapnya. Termasuk melewati ujian cuaca musim dingin. Chaz Davies bakal mencoba V4-RS baru di Aragon bulan depan, rekan satu tim, Alvaro Bautista, juga kebagian mencoba dua pekan berikutnya setelah musim MotoGP berakhir. Sedang pembalap Ducati BSB Be Wiser, Josh Brookes dan Scott Redding, bakal mencoba V4 di Jerez akhir November 2018.
Selain kopling dan fairing, Ducati Panigale V4-R punya bobot ringan, pelek Marchesini hasil tempa magnesium dari V4 S dan sistem pembuangan yang memang terinspirasi motor balap, yang lebih kompak dari yang dipakai Panigale V4 saat ini. 
Post a Comment