Breaking

Friday, October 26, 2018

5 Gadget yang Paling Banyak Menyebabkan Kematian

Teknlogi memang membantu manusia. Tetapi secara statistik dan data, ternyata 5 teknlogi inilah yang paling banyak membunuh manusia.


Ocean NewsKamu tidak bisa hidup tanpa teknologi dan gadget? Merasa selalu terbantu karena ada gadget dan teknologi yang mempermudah hidup kamu setiap hari? Awas, bisa jadi benda ini membunuh kamu!
Ternyata, menurut data saintifik, ada beberapa gadget yang paling berisiko menyebabkan kematian, terutama pada anak-anak.
Penasaran apa saja gadget yang paling banyak menyebabkan kematian? Baca artikel ini sampai habis ya gaes!
5. Alat Monitor Bayi - 7 Kematian Sejak 2002
Monitor bayi memang harus ditempatkan di dekat tempat tidur bayi. Tetapi ternyata hal ini meningkatkan risiko anak tercekik, karena tergoda untuk bermain dengan kabel monitor bayi yang tidak jauh dari jangkuan mereka. CPSC (Komisi Keamanan Produk Konsumen) Amerika Serikat mencatat setidaknya tujuh bayi dan balita telah tercekik dengan tali monitor bayi dan tiga bayi dan balita hampir tercekik sejak 2002, dengan korban termuda berusia enam bulan.

Kalau di rumah kamu ada alat monitor bayi, tempatkan benda ini seaman mungkin sehingga kabel tersebut jauh dari jangkauan anak-anak/ Paling tidak jaraknya 3 meter.

 4. Baterai Seukuran Kancing - 3,500 orang terluka, 9 orang meninggal sejak 1985

Baterai berbentuk koin berukuran kecil biasa digunakan dalam jam tangan, remote control, mainan anak dan benda-benda lain yang memang membutuhkan baterai seukuran ini yang secara mengejutkan justru berbahaya.
Menurut National Capital Poison Center (NCPC) di Washington, DC sejak 1985 lebih dari 60.000 orang menelan baterai kancing, yang mengakibatkan lebih dari 3.500 orang cedera dan sembilan kematian, sebagian besar di antaranya anak-anak di bawah enam tahun.
Baterai dapat terjebak di tenggorokan anak-anak di mana mereka dapat menyebabkan luka bakar kimia yang parah. Efeknya dimulai dalam beberapa menit setelah menelan baterai dan dalam waktu dua jam dapat membakar lubang kerongkongan di mana benda itu tersangkut.
Orangtua harus berhati-hati untuk tidak meninggalkan baterai kancing ini dari jangkauan anak-anak saat meletakkan baterai ini. Bahkan baterai kancing ini bisa membuat ledakan datau kebakaran ringan.
Baterai yang menimbulkan risiko terbesar atau berbahya diberi label CR 2032, CR 2025 dan CR 2016, atau BR 2032, BR 2025 dan BR 2016, dll.

3. Mesin Penghancur Kertas - 2,700 orang terluka, hanya di tahun 2010 saja

Penghancur kertas tidak hanya menimbulkan ancaman terhadap dokumen sensitif. Pada tahun 2010 CPSC memperkirakan bahwa ada 2,700 kunjungan ke ruang gawat darurat dari segala usia karena insiden dengan penghancur kertas. Alasan mereka masuk UGD ini sebenarnya alasannya bervariasi, mulai dari menjebak jari ke penghancur kertas, jatuh tersenggol alat penghancur kertas dan menyebabkan cedera kaki. Jadi, jauhkan anak-anak dari mesin penghancur kertas.

2. Televisi - 18,000 orang terluka setiap tahunnya, dan satu anak meninggal setiap dua minggu.

Menurut Komisi Keamanan Produk Konsumen AS (CPSC), rata-rata satu anak meninggal setiap dua minggu ketika TV atau furnitur lainnya menimpa si anak dan setiap tahun rata-rata lebih dari 18.000 anak-anak berusia delapan tahun dan lebih muda terluka di dengan cara yang sama.

Orangtua mungkin berpikir tentang bagaimana mencegah anak jatuh dari tangga, tidak terkena pisau di dapur, menjauhkan anak-anak dari kompor, tetapi bisa jadi ada bahaya tersembunyi, TV dan perabotan yang kamu miliki bisa jadi lebih berbahaya. TV kuno yang besar sekalipun dapat menjadi tidak stabil jika bertengger di rak buku atau tempat yang terlalu kecil.
Sebagai langkah pencegahan, kamu bisa memasang TV di dinding atau mengamankannya ke furnitur yang juga menempel ke dinding atau ke lantai. Jangan pernah meletakan TV di atas furnitur yang mudah goyah dan gampang diraih oleh anak-enak.

1. Handphone - 995 kematian hanya di tahun 2009 saja

Ada tiga jenis gangguan penyebab kecelakaan ketika menggunakan handphone yaitu visual, (mengalihkan pandangan kamu dari jalan) Manual (melepaskan tangan kamu dari setir saat mengemudi dan kognitif (mengalihkan pikiran kamu dari tugas utama mengemudi) Sayangnya, mengirim SMS/chat dari ponsel mengkombinasikan ketiga bentuk gangguan dan membuat handphone menjadi sangat berbahaya saat mengemudi. Sayangnya, masih banyak pengemudi yang melakukannya. Menurut Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika Serikat, ponsel merupakan faktor dalam 18% dari kematian akibat mengemudi, yang menyebabkan 995 kematian pada tahun 2009.

Bahayanya handphone tidak terbatas hanya pada saat mengendarai mobil saja. mengirim SMS/Chat sambil berjalan juga berbahaya, dan dapat menyebabkan kecelakaan.
Artikel ini bukan HOAX atau sekadar ingin menakut-nakuti kamu saja! Artikel ini Disadur dari techlicious yang datanya diambil dari berbagai sumber statistik di Amerika.
Akhir Kata
Itu tadi pembahasan dari Jaka mengenai 5 gadget yang paling banyak memnyebabkan kematian menurut data statistik Amerika Serikat.
Walaupun kejadian ini tidak terjadi di Indonesia, tetap saja kita wajib wasapada agar kejadian buruk tidak menimpa kita.
Silakan share dan komen artikel ini untuk terus mendapatkan informasi Berita dari Galeriocean.com
Post a Comment