Breaking

Saturday, March 10, 2018

Saat Turunan, Awas Rem Motor Blong !

Ocean News - Beberapa kasus kecelakaan yang disebabkan rem yang tidak berfungsi saat turunan. setiap motor memang berpotensi mengalami masalah tersebut, tipe rem apapun, baik tromol maupun cakram, bisa saja tidak berfungsi atau blong.
“Saat turunan, kecepatan tidak bisa mengimbangi dengan pengereman. Otomatis pengendara memaksakan full untuk melakukan rem, sehingga mengakibatkan penyerapan panas beralih ke kaliper atau kepala babi. Nah, sealnya itu memuai, sehingga si pistonnya jadi macet. Jadi ketika piston macet tidak bisa menekan ke kampas rem agar berhenti,”
 tuas rem yang ditekan terus menerus saat turunan justru akan mengurangi daya cengkram rem. Hal itu memicu logam cakram untuk cepat memuai. Akibatnya, permukaan disc-brake akan menjadi licin.
Tak hanya itu, rem blong juga bisa disebabkan oleh kampas rem yang sudah aus. Posisi minyak rem juga dapat menjadi salah satu penyebab rem tidak berfungsi.


“Tapi, rem blong itu diakibatkan beberapa faktor. Bisa juga pada saat penggantian kampas lama dengan kampas baru, lalu ada juga posisi minyak rem tidak di-check,” katanya.
“Yang pasti jika di saat ganti rem dan rem tersebut normal. Tapi saat digunakan dan di turunan terjadi blong, itu dikarenakan kebanyakan menggunakan rem dan kecepatan tidak berimbang. Jadi terjadi panas,”
Post a Comment