Breaking

Saturday, March 10, 2018

Gas Motor Nyangkut? Ini Beberapa Penyebab dan Tips Penanganannya

Ocean News - Motor sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat dalam beraktivitas, baik untuk jarak dekat maupun jaug. Pemakaian kuda besi ini sangat digemari, bahkan tak jarang untuk pergi ke warung saja, banyak orang yang menggunakan motor.
Namun, sebagai sebuah alat motor pasti akan rusak. Dari pemakaian rutin si roda dua ini, penggunanya biasanya menghadapi sejumlah masalah.
Contohnya saat motor akan dipacu, tarikan gas akan lengket atau nyangkut. Sebenarnya, apa penyebab lengketnya tali gas ini?
Setiawan Wibowo, Service Advisor Bengkel Harapan Motor 1 banyak penyebab tali gas menjadi lengket. "Penyebabnya karena adanya kotoran atau debu dari udara yang menempel di grip stang,"
untuk mengembalikan tarikan gas agar tidak lengket, maka perlu diberikan pelumas. Atau, bila tidak ingin repot, pengendara bisa membawa motornya ke bengkel untuk di service.
"Biasanya dikasih pelumas dibagian gasnya. Pelumasnya itu cairan Water Displacement (WD)-40 atau oli dan dilumasi dibagian selang-selang tali gasnya," terangnya.
Menurut Setiawan, pemberian pelumas di tali gas merupakan solusi paling efektif untuk perawatan. Dengan melakukan ini, tarikan gas tidak akan lengket dan mudah saat kita memacu kendaraan.
"Cukup kita lakukan penyemprotan dengan WD-40 atau pelumas. Kita bisa melakukannya setiap 10 ribu kilometer pada selongsong tali gasnya," tutupnya
Post a Comment