Breaking

Friday, January 12, 2018

Wajibnya Kostum ​​Airbag diAjang MotoGP 2018

      Jakarta, Ocean News - Selama beberapa tahun terakhir, kostum airbag telah membantu mencegah cedera serius pada pengendara tercepat di dunia. Teknologi kantung udara ini digunakan oleh sebagian besar Rider teratas, termasuk Valentino Rossi menggunakan teknologi Dainese D-air, yang dirancang dengan masukan dari Juara Dunia sembilan kali dan Marc Marquez (Alpinestars Tech Air Race). Kelengkapan disaat balapan dengan teknologi airbag tidak pernah wajib, tapi itu berubah untuk semua kelas di Kejuaraan Dunia MotoGP 2018, termasuk pembalap Moto2 dan Moto3.

     Aturan MotoGP 2018 menyatakan bahwa setelan kantung udara harus wajib dipakai di setiap sesi oleh setiap pengendara. Pembalap wildcard adalah satu-satunya pengecualian, dan pembalap pengganti dikecualikan dari peraturan hanya untuk dua putaran. Kantong udara harus melindungi bahu dan tulang selangka, dan ini pilihan untuk melindungi keseluruhan badan. Namun pihak dari MotoGP mengatakan jika produsen mempunyai teknologi airbag sendiri, ia wajib harus menutupi keseluruhan tulang belakangnya.



 Berikut adalah aturan MotoGP untuk pabrikan kostum Airbag:     
1. Setiap sistem kantung udara harus melewati serangkaian tes untuk membuktikannya sepenuhnya sesuai dengan peraturan.     
2. Persyaratan berkisar dari baterai dan elektronik hingga waktu penyebaran dan inflasi, dengan penyebaran kebetulan juga merupakan faktor penting.   
3. Rusaknya sistem airbag yang tidak disengaja tidak boleh menyebabkan pengendara mengalami kecelakaan atau menghalangi pengendara lain mengendalikan sepeda motor mereka.
4. Sistem airbag tidak memerlukan bagian apapun untuk ditambahkan ke motor, dan harus dipicu tanpa pengendara ditambatkan ke motor.     
5. Masing-masing produsen harus mengesahkan diri sendiri di dalam dokumentasi resmi untuk tuntutan bahwa sistem mereka sepenuhnya mematuhi peraturan dan memenuhi standar ini.  
6. Produsen juga harus menyatakan keandalan sistem mereka berdasarkan pengujian internal.
MotoGP mengatakan "Peraturan ini menandai langkah lain menuju peningkatan keamanan pengendara, dengan FIM, IRTA dan Dorna semua berkomitmen untuk memastikan MotoGP seaman mungkin - dan selalu berkembang."

Post a Comment