Breaking

Friday, January 19, 2018

Sosok Pemodifikasi Toyota Limo Bermuka dua


     Jakarta, Ocean News - Setelah viral di internet pada awal pekan ini, pemodifikasi Toyota Limo bermuka dua telah diketahui. Dia adalah Rony Gunawan, salah satu pemilik perusahaan taksi di Bandung, Gemah Ripah.
Roni Gunawan (71) Kepala Bengkel Gemah Ripah (GR) Taxi, sedang berfoto didepan kendaraan yang terparkir di Garasi GR Taxi di Jalan Babakan Cibereum, Kota Bandung, Rabu (17/1/2018). Mobil miliknya sempat viral karena bentuknya yang tidak lazim, karena mobil ini bermuka dua
Rony bercerita banyak tentang mobil modifikasi yang dikerjakan selama sekitar 3,5 bulan itu. Pengerjaannya dilakukan di bengkel Gemah Ripah di kawasan Bandung.
“Itu cuma memotong dua kendaraan, terus dijadikan satu. Mesinnya tetap dua, transmisinya juga,” kata Rony via telepon.
Basis modifikasi adalah dua unit Vios versi taksi alias Limo produksi 2012 yang tidak lagi beroperasi. Selama beberapa tahun ini, Rony mengaku bisnis taksi sulit karena bermunculan aplikasi transportasi online.
“Idenya dari melamun, bagaimana bikin dua mobil, tapi yang disatukan mukanya saja. Jadi saya sudah punya rencana itu, tapi baru sebulan kemudian saya panggil tukang las ketok di bengkel, tiga orang, terus saya kasih tahu, saya ada rencana begini,” kata Rony.
“Mereka enggak berani jawab, takut gagal. Saya bilang kalian rundingkan dulu, tiga hari. Karena mereka enggak berani, tiga hari saya panggil lagi terus saya bilang, ‘Kerjain’,” ucap Rony.

Pengerjaan paling berat adalah pengelasan karbit yang dilakukan selama dua bulan. Sementara total waktu yang dibutuhkan, termasuk pengecatan, selama 3,5 bulan.
Itu sudah termasuk penambahan pelat besi di sambungan sasis dan bodi. Selain itu, juga ada siku besi yang ditambahkan di bagian lantai.
Menurut Rony, kedua kokpit berfungsi normal, jadi pengemudi bebas memilih mau memegang setir sebelah mana. Syarat mengemudikannya, karena sudah ada setelan khusus di bagian tie-rod, kunci yang ada di setir tidak terpakai harus dicabut biar ban yang berperan sebagai ban belakang bisa tetap lurus.
Limo berwajah ganda ini selesai pada awal Januari lalu. Saat ditilang polisi dari Mapolsek Sukajadi pada Senin (15/1/2018), Rony mengatakan, mobil yang dikemudikan sopir itu baru pertama kali digunakan di jalan raya.

Rony bilang STNK kedua mobil itu baru selesai pada 12 Januari, dia mengubah kondisi pelat kuning bekas taksi jadi pelat hitam. Alasan dikemudikan, Rony mau memindahkannya dari bengkel ke rumah, tetapi ternyata distop polisi.
“Saya enggak terbayang ini bakal heboh, padahal saya buat iseng saja,” kata Rony.

Post a Comment