Breaking

Monday, January 8, 2018

Honda meluncurkan Motor yang Nggak Bisa Jatuh

     Jakarta, Ocean News - Diakhir tahun 2017 diajang Tokyo Motor Show, Honda siap meluncurkan konsep sepeda motor dengan alat keseimbangan yang disebut Riding Assist-e Concept.
Tunggangan ini mirip dengan Honda Riding Assist Concept yang dipamerkan dalam ajang Consumer Electronic Show (CES) 2017 di Las Vegas tahun ini. Tapi bedanya, versi yang akan dipamerkan di Tokyo tak pakai bensin, tapi cukup dengan tenaga listrik.


Riding Assist-e Concept tak menggantungkan keseimbangan dari giroskop yang berat, tetapi ”mempekerjakan” teknologi robotik. Honda meminjam teknologi ini dari kendaraan personal yang disebut Uni-Cub.


    Honda menggunakan frame trelis yang menyangga baterai dan motor elektrik. Kendaraan ini punya poros penggerak pada swingarm satu sisi untuk mentransfer daya. Radiator menghadap ke belakang dipasang tepat di bawah tempat duduk.
Port pengisian ulang baterai ada di sisi kiri motor, dan Honda membekalinya dengan beberapa mode berkendara untuk menyesuaikan kondisi dan gaya pengendara.
Pada suspensi, motor konsep ini menggunakan garpu teleskopik di depan dan monosok Pro-Link di belakang. Pelek alloy-nya dibalut ban Bridgestone. Rem menggunakan peranti cakram dengan kaliper dari Nissin.
Lampu depan dan belakang pakai LED. Sementara instrumen digital menunjukkan kecepatan dan yang unik, ada petunjuk sudut kemiringan kendaraan.
Jika diproduksi kelak, sepeda motor seperti ini diyakini sangat ideal untuk membantu para pemula berkendara. Detailnya akan dikupas Honda saat pameran.

 
Post a Comment